Cegah PMK, Polresta Surakarta Semprotkan Disinfektan di Pasar Hewan


SOLO – FBINEWS


Polresta Surakarta bersama Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta terus melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu penyemprotan disinfektan di Kandang maupun pasar hewan wilayah kota Surakarta.


Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi melalui Kabagops Kompol Sutoyo,S.Sos mengatakan dalam rangka Operasi Aman Nusa II tentang penanganan PMK, Polresta Surakarta melaksanakan sejumlah kegiatan. Salah satunya dengan kegiatan penyemprotan disinfektan di Kandang Kerbau Bule Alun – alun kidul dan Pasar Kambing Semanggi Pasar Kliwon yang dilakukan pada pagi tadi.


“Penyemprotan disinfektan dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak,” ucap Kompol Sutoyo, Kamis (14/7/2022).


Disampaikan bahwa selain penyemprotan disinfektan, dilakukan juga pemeriksaan hewan ternak dan pemberian vitamin oleh dokter hewan. Kegiatan dilaksanakan untuk menjamin hewan ternak yang ada di Pasar Hewan kota Surakarta dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK.


“Kegiatan ini juga dilakukan menjelang kirab malam satu Suro. Dimana kerbau bule yang akan dilakukan kirab harus dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit PMK,” jelasnya.


Kabag Ops menambahkan, selain kegiatan yang dilaksanakan hari ini dilakukan juga pemantau hewan ternak secara rutin. Pemantauan dilakukan di kandang peternakan hewan yang ada di wilayah kota Surakarta.


“Pemantauan di wilayah juga terus dilakukan oleh polsek jajaran untuk mengetahui ada tidaknya hewan ternak yang terindikasi PMK. Sehingga apabila ditemukan bisa segera dilakukan penanganan,” pungkasnya.


Source : humaspolri

 Advertisement Here
 Advertisement Here