Jelang Idul Adha, Kapolsek Sidomukti bersama Forkopimcam Cek Kandang Sapi Warga Warak Dukuh


 

Salatiga – FBINEWS 


Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi menjelang Idul Adha 1443 H, Kapolsek Sidomukti Kompol Kurnianto Seco Hariyono, SE. MM bersama Forkopimcam Camat Sidomukti Guntur Junanto, S. STP, Danramil 01/Kota Kapten Inf. Sudarto dan Sekcam Sidomukti Hariyanto, SH. MH melakukan kunjungan pengecekan ke kandang Ternak Sapi  milik Suradi warga RT 05 RW 06 Warak Kel. Dukuh Kec. Sidomukti Salatiga, jum’at ( 08 / 07 / 2022 ). 


Pengecekan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi mewabahnya virus penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak di Wilayah Sidomukti. Camat Sidomukti Guntur Junanto, S. STP mengatakan “pengecekan itu memastikan kandang sapi bebas dari wabah penyakit mulut dan kuku terhindar dari hewan ternak dan sudah di cek langsung oleh pihak dokter hewan. Dan hasilnya tidak ditemukan penyakit mulut dan kuku (PMK),” jelasnya. 


“Kami meminta masyarakat untuk lebih mawas diri dengan hewan ternak piaraan yang ada di rumah masyarakat, jika mengalami tanda tanda bahwa hewan tersebut sedang sakit, silahkan dibawa ke dinas peternakan untuk di periksa lebih lanjut, dan kami berharap masyarakat selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah wabah PMK ini tidak meluas,”  penjelasan dari Kapolsek Sidomukti. 


Suradi menyambut baik kunjungan dari Forkopimcam, merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah kepada warganya, ucapan terimakasih atas informasi dan saran masukannya, menyatakan siap untuk rutin membersihkan kandang, apabila ada sapi yang mengalami sakit segera dibawa ke Dinas peternakan untuk di periksa lebih lanjut, ucapnya. 


Ditempat terpisah Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tingkatkan patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK sampaikan kepada peternak diwilayah untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, segera koordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya, jelas Kapolres (Humas Polres Salatiga Polda Jateng )


Source: humaspolri 

 Advertisement Here
 Advertisement Here