Polres Grobogan Gunakan Anjing Pelacak Untuk Sterilisasi Gereja



Grobogan – Fbinews

Sat Samapta Polres Grobogan melakukan sterilisasi gereja menjelang dilaksanakannya Perayaan Natal Tahun 2022 di Gereja Kristen Indonesia ( GKI ), Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu ( 21/12/2022 ). Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan bagi umat nasrani saat perayaan ibadah Natal.


Kapolres Grobogan, AKBP Benny Setyowadi melalui Kasat Samapta Polres Grobogan, AKP Haryono mengatakan sterilisasi dilakukan di dalam dan di luar gereja guna memastikan keamanan dan kenyamanan bagi jemaat yang akan melaksanakan perayaan Natal.


“Jadi sebelum ibadah dan perayaan Natal akan digelar, petugas kepolisian melakukan sterilisasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi jemaat” ungkap Kasat Samapta Polres Grobogan.


 AKP Haryono menyebutkan, selain menerjunkan anjing pelacak, sterilisasi sendiri dilakukan dengan menggunakan metal detector, safety mirror maupun secara manual dengan menyisir area gereja.


“Setelah dilakukan sterilisasi, petugas tidak menemukan adanya hal yang mencurigakan ataupun yang lainnya, dan kemudian dilakukan penandatanganan berita acara. Selanjutnya kondisi steril gereja diserahterimakan dari tim sterilisasi kepada petugas pengamanan di masing-masing gereja,” ungkapnya.


Ditambahkan Kasat Samapta Polres Grobogan, anjing pelacak dari unit satwa K-9 itu diterjunkan untuk membantu pengamanan saat Perayaan Natal dan tahun baru.


“Kesiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi di lapangan,” kata Kasat Samapta Polres Grobogan.


Ia mengatakan, unit K-9 atau unit satwa yang dimiliki Polres Grobogan merupakan satwa anjing pelacak yang memiliki kemampuan penangkapan, deteksi, pencarian dan penyelamatan.


“Satwa kami memiliki kemampuan deteksi untuk sterilisasi gereja,” ujarnya.


Unit K-9 Sat Samapta Polres Grobogan tersebut nantinya akan ditugaskan untuk melakukan sterilisasi dan mengamankan gereja serta objek vital selama Natal dan tahun baru. Beberapa Unit K-9 yang terlatih akan bergiliran melaksanakan tugas setiap harinya.


“Harapan kami, dengan menerjunkan Unit K-9 tersebut, Jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah dan perayaan Natal dapat merasa aman dan nyaman tanpa ragu dan khawatir akan terjadinya aksi-aksi yang dapat membahayakan jemaat,” ujar Kasat Samapta Polres Grobogan.


Sementara itu, Yoyok, salah satu panitia Perayaan Natal sekaligus pengurus gereja mengaku senang dengan adanya kegiatan sterilisasi dari pihak kepolisian. Hal itu dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada jemaat saat pelaksanaan ibadah Natal nanti.


“Terimakasih kepada Bapak Kapolres Grobogan yang dengan sepenuhnya telah menugaskan petugas keamanan pada perayaan Natal yang akan kami gelar,” pungkas Yoyok.

** 

 Advertisement Here
 Advertisement Here