Tarik Wisatawan, Pengelola Desa Wisata Diminta Gelar Kesenian dan Budaya


JEPARA – FBINEWS 

Untuk menarik wisatawan berkunjung, pengelola desa wisata diminta untuk rutin menggelar kesenian dan budaya dari desa setempat.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta pada acara Ngobrol Bareng, dengan tema Sinergitas Pengembangan Pariwisata, di Palm Beach Resort, Rabu, (14/12/2022). Menurutnya, apabila atraksi kesenian digelar secara konsisten dan terjadwal, mampu meningkatkan jumlah wisatawan dan ekonomi warga setempat. Karenanya, dia meminta pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara untuk aktif menggelar acara besar, sehingga mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jepara.

“Semua tamu yang bersifat kunjungan kedinasan, wajib mengunjungi UMKM dan desa wisata,” ungkap Edy.

Selain itu, lanjut Edy. kepada para pelaku wisata, baik biro wisata, pengelola desa wisata, dan penyedia wisata lainnya, diminta untuk membuat beberapa paket wisata, agar dapat dipromosikan oleh dinas terkait.

“Berikan informasi wisata ke perangkat daerah terkait untuk membantu mempromosikan,” imbuhnya.

Terkait promosi pariwisata, Edy berharap, promosi dilakukan melalui melalui sosial media dan aplikasi. Sebab, saat ini Pemkab Jepara sedang mengembangkan aplikasi Jeparadise, yang nantinya akan menjadi penghubung antara wisatawan dengan pelaku wisata secara langsung. Ke depannya, aplikasi tersebut juga akan terintegrasi dengan aplikasi Jepara Smart City.

“Terkait peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata, nanti akan diberikan oleh Disparbud, DMPTSP, atau Diskopukmnakertrans,” pungkas Edy.(**)

 Advertisement Here
 Advertisement Here