Bupati Hartopo Rangkul Perusahaan untuk Penanganan Bencana


 

KUDUS – FBINEWS 

Pemerintah Kabupaten Kudus mengajak perusahaan di Kudus untuk bersama-sama membantu warga terdampak bencana.

Bupati menjelaskan, kebutuhan mendesak pengungsi adalah sembako untuk konsumsi ribuan orang warga. Tak hanya pengungsi, juga konsumsi untuk relawan, petugas gabungan dari TNI/Polri yang membantu menangani bencana juga perlu dipikirkan. Sebab, bantuan itu vital, untuk konsumsi tiga kali sehari.

“Kami membutuhkan kerja sama semua pihak untuk menangani bencana. Kami minta kontribusi dan sinerginya,” ungkap Bupati Kudus Hartopo kepada para pengusaha dalam Rapat Koordinasi Penanganan Bencana dan Peran Dunia Usaha dalam Penanganan Bencana, di pendapa kabupaten setempat, Selasa (3/1/2023).

Disampaikan, bantuan dari perusahaan akan diinventarisasi oleh BPBD Kudus. Sehingga, logistik dan bantuan yang diberikan tepat sasaran. Untuk itu, Hartopo meminta pihak BPBD amanah dalam menjalankan tugas, data yang diberikan harus transparan dan akuntabel.

“Kalau perusahaan mau langsung memberikan bantuan ke kecamatan silakan, asalkan laporan ke BPBD, biar tercatat. BPBD juga harus menyajikan data transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Selain itu, lanjut bupati, pihaknya berharap, para karyawan yang terdampak bencana mendapat dispensasi dalam bekerja. Pasalnya, mereka yang terdampak masih belum pulih secara psikis dan materi.

“Kalau bisa, karyawan yang terdampak juga harus mendapat dispensasi, biar kondisinya stabil dulu, nggih,” pintanya.**

 Advertisement Here
 Advertisement Here