Jadilah Perempuan Terbaik dengan Cintai Diri Sendiri


 
SEMARANG – FBINEWS 

Wahai perempuan, seberapa cintakah Anda pada diri sendiri? Apakah sudah merasa bahagia dengan diri Anda saat ini?

Ya, semua perempuan memiliki berbagai macam peran, bahkan multitasking. Namun kerap kali mereka lupa atau tidak sadar untuk membahagiakan diri sendiri.
Karenanya, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Tengah dan DWP Setda Provinsi Jateng, mengajak dan mengingatkan para perempuan agar mencintai diri sendiri, melalui Capacity Building, di Gedung DWP Provinsi Jawa Tengah, Rabu (18/1/2023).

Ketua DWP Provinsi Jawa Tengah Indah Sumarno menyampaikan, perempuan wajib mencintai diri sendiri agar para perempuan dapat menjadi versi terbaiknya.

Lantas bagaimana cara mencintai diri? Indah mengatakan, yang terpenting kenali diri sendiri, sehingga dapat mengembangkan kelebihan dan potensi, menikmati hidup, serta memberikan sesuatu yag membahagiakan. Tak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

“Sebagai perempuan kita memiliki berbagai macam peran dan seringkali multitasking, namun kerap kali lupa untuk mencitai diri sendiri. Untuk itu, yuk hari ini kita sama-sama menghadiahkan diri di awal tahun ini, dengan memulai belajar mencintai diri,“ bebernya.

Psikolog dari Unika Soegijapranata Dr Christine Wibowo membeberkan, cinta itu menghidupkan, positif, dan membuat seseorang baik. Selain itu, cinta menghasilkan hormon oksitosin yang membuat seseorang menjadi nyaman, tidak merasa takut, tidak stres, menjadi protagonis dikehidupannya, dan meningkatkan motivasi. Sehingga, dengan mencintai diri sendiri, seseorang pun akan lebih berprestasi dan bahagia.

Christine pun memberikan tip-tips mencintai diri sendiri, yaitu dengan fokus dengan kelebihan yang dimiliki dan memaksimalkannya. Dengan begitu, kelemahan diri bisa sedikit diabaikan. Tips lainnya, berprestasi minimal satu prestasi, memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang dahulu, menerima perasaan, tidak terkekang pada masa lalu dan selalu ingin maju.

“Mencintai diri sendiri sangat penting, begitu pula bagi perempuan. Mencintai diri sendiri dengan fokus kepada kelebihan yang kita miliki, sehingga kelemahan kita bisa sedikit diabaikan, bahkan menjadi kekuatan. Orang yang mencintai diri sendiri dapat memiliki prestasi,” ujarnya.

Christine pun mengungkapkan bahayanya apabila tidak mencintai diri sendiri. Salah satunya menjadi minder, yang terjadi selain karena tidak mencintai diri sendiri, juga tidak mengenali potensi. Akibatnya, muncul banyak kecemasan dan ketakutan, yang kerap kali memunculkan depresi, haus validasi, dan tidak produktif.

Selain itu, katanya, hal tersebut juga terjadi karena salah dalam mendefinisikan arti cinta. Misalnya, cinta diartikan dengan selalu berkorban, cinta itu membunuh, dan berbagai arti negatif lainnya. Padahal, arti cinta yang sebenarmya adalah positif, dan membuat seseorang menjadi bahagia serta memiliki motivasi yang tinggi. **

 Advertisement Here
 Advertisement Here