Penjabat Bupati Jepara Apresiasi Kesigapan PMI dalam Merespon Permasalahan Sosial


 
JEPARA – FBINEWS 

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengapresiasi kinerja PMI Kabupaten Jepara atas kesigapannya dalam merespon permasalahan sosial di wilayahnya. Termasuk, dalam menghadapi bencana.

“Saya merasa bangga, begitu ada permasalahan kemanusiaan, Pak Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S Sumarto dan tim, sudah ada di tempat bencana. Artinya, PMI mengerti betul tugas-tugas dan amanah yang diberikan,” ungkap bupati, saat Penutupan Bulan Dana PMI Kabupaten Jepara Tahun 2022, di Pendapa RA Kartini, Rabu, (4/1/2023).

Tidak hanya itu, ditambah lagi, PMI juga berhasil menghimpun dana sosial dari masyarakat sebesar Rp2.446.294.600, melalui bulan dana dan donasi pada tahun 2022. Angka tersebut meningkat signifikan dari tahun sebelumnya, yang tercatat sebesar Rp1,8 miliar.

Terkait bencana, Edy menyampaikan, respons telah menaikkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat selama seminggu. Oleh karena itu, diminta meminta untuk melakukan inventarisasi apa saja yang perlu dibantu oleh PMI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI 2022, Edy Sujatmiko, memaparkan, 80 persen dana untuk biaya kegiatan kemanusiaan, pengelolaannya diserahkan kepada PMI Kabupaten Jepara. Sementara yang 10 persen sumbangannya dicabut pada kegiatan kemanusiaan, yang pengelolaannya diserahkan kepada PMI Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan sisanya 10 persen digunakan untuk biaya operasional usaha pengumpulan sumbangan.

“Salah satu Donasi PMI Kabupaten Jepara tahun 2022 sudah dipergunakan untuk kegiatan kebencanaan di Kabupaten Jepara. Dan sebanyak Rp51.265.500 telah dikirimkan ke PMI Kabupaten Cianjur, sebagai salah satu bentuk kepedulian PMI Jepara untuk saudara-saudara kita di Kabupaten Cianjur, yang mendukung gempa,” terang Edy.

Dalam kesempatan itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara memberikan apresiasi berupa piagam award, bagi masyarakat Kabupaten Jepara yang secara sukarela mendonorkan darahnya sebanyak 75 dan 100 kali.

Penghargaan diberikan kepada Muh Slamet dari Desa Ujungbatu Kecamatan Jepara (77 kali), Siswanto dari Desa Sumanding Kecamatan Kembang (76 kali), Sucipto dari Desa Bucu Kecamatan Kembang (75 kali), serta Sumadi dari Desa Kecapi Kecamatan Tahunan (75 kali). Selain itu, Agus Santoso dari Desa Tegal Sambi Kecamatan Tahunan (116 kali), Agus Eko Priyono dari Desa Kauman Kecamatan Jepara (103 kali), dan Rohyadi dari Desa Krasak Kecamatan Pecangaan (101 kali).

Penghargaan juga diberikan pada kecamatan, desa, dan perusahaan yang menyukseskan Bulan Dana PMI Tahun 2022 melalui kupon. Kategori Kecamatan dengan permohonan 100% atau lebih, yaitu Kecamatan Karimunjawa Kedung. Untuk kategori desa, diberikan kepada Desa Platar, Kecamatan Tahunan dengan capaian 123%, dan Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo sebanyak 118%. Sedangjan kategori Perusahaan diraih PT Kanindo Makmur jaya.**

 Advertisement Here
 Advertisement Here