Pertahankan Predikat Informatif, Wonosobo Tingkatkan Penggunaan Teknologi Digital sebagai Sarana Komunikasi Publik


WONOSOBO – FBINEWS 


Pemerintah Kabupaten Wonosobo akan meningkatkan pengelolaan komunikasi publik melalui situs web dan akun media sosial resmi di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Langkah tersebut diambil sebagai tindak lanjut dari predikat Informatif yang diterima Kabupaten Wonosobo dalam pemeringkatan keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, akhir tahun lalu.


 


Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo Fahmi Hidayat, pada acara saat Rapat Koordinasi PPID Pelaksana Kabupaten Wonosobo Tahun 2023, di kantornya, beberapa hari lalu.


 


Lebih lanjut, penggunaan teknologi digital akan berdampak efektif apabila sejalan dengan penerapan strategi komunikasi yang baik, begitu juga sebaliknya. Prinsipnya adalah memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan sosial dan layanan publik.


 


“Strategi komunikasi digital kita harus lebih optimal lagi. Bagaimana memudahkan seluruh masyarakat dalam mengakses layanan sosial dan layanan publik lainnya. Mari bersama kita desain inovasi publik berbasis digital dengan lebih baik,” ujarnya.


 


Fahmi juga mengimbau para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana di setiap OPD Kabupaten Wonosobo untuk bersikap bijak, terhadap berbagai informasi yang berkembang, jelang Pemilu 2024.


 


Kepala Bidang Informatika Diskominfo Wonosobo, Sugeng Riyadi, menambahkan, pada 2022, capaian indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemkab Wonosobo termasuk dalam kategori baik, namun terdapat indikator penilaian tambahan yang belum bisa dipenuhi, sehingga mengurangi bobot penilaian.


 


“Tahun 2023 ini Diskominfo akan membenahi tata kelola data di perangkat daerah sebelum dipublikasikan lewat Satu Data. Untuk itu dibutuhkan keterlibatan semua sumber daya yang mumpuni dan memahami betul ketersediaan keseluruhan data di PPID Pelaksa

 Advertisement Here
 Advertisement Here