Puskesmas Diminta Terapkan Konsep “Hospital Tourism”


 
JEPARA – FBINEWS 

Seluruh puskesmas di Kabupaten Jepara didorong untuk lebih gencar menciptakan inovasi pelayanan, agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat bisa tercapai setinggi-tingginya. Konsep hospital tourism digadang-gadang dapat menjadi terobosan menjawab tantangan tersebut.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam forum silaturahmi dengan para kepala Puskesmas dan pejabat Dinas Kesehatan, di sebuah resto di Kelurahan Pengkol Jepara, Selasa (3/12/2023). Menurutnya, konsep hospital tourism akan berdampak positif bagi kemajuan pembangunan bidang kesehatan.

Disampaikan, secara umum konsep tersebut bakal mengintegrasikan semua fasilitas kesehatan, seperti antara rumah sakit dengan Puskesmas. Harapannya, mampu menghadirkan kemudahan akses, sekaligus kenyamanan bagi pasien, pengantar, ataupun pengunjung.

“Pengertiannya bukan sebatas turis yang dilayani, tapi bagaimana kalau orang mau berobat di sana itu menjadi nyaman. Seperti ada layanan penjemputan, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Di beberapa daerah, lanjut Edy, konsep ini sudah diaplikasikan. Sebab, menurutnya puskesmas merupakan ujung tombak untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan demikian, upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya bisa tercapai.

“Kalau puskesmasnya bagus, petugasnya juga semangat, yang sakit pun bisa cepat sembuh,” kata dia.

Edy juga menegaskan, dirinya menaruh perhatian penuh terhadap sektor kesehatan. Komitmen tersebut akan diimplementasikan melalui dukungan kebijakan, demi peningkatan kualitas penyelenggara maupun mutu layanan.

 Advertisement Here
 Advertisement Here